Cara Memulai Bisnis Laundry Hotel Khusus Pemula

bisnis laundry hotel

Bisnis laundry kini sudah menjamur di berbagai tempat termasuk hotel, restoran dan yang lainnya. Jika kamu tertarik ada cara khusus untuk memulai bisnis laundry hotel dan ini cocok untuk pemula

Cara ini cukup penting karena tanpa disadari ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pemula. Hasilnya bisnis tersebut tidak menghasilkan keuntungan malah gulung tikar karena tidak berhasil mendapatkan pelanggan.

Read More

Cara Memulai Bisnis Laundry Hotel yang Menguntungkan

Bisnis laundry di hotel adalah peluang emas dan hasilnya sangat fantastis jika dilakukan dengan benar. Hal ini juga berlaku bagi pemula dan berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

Meminta Izin ke Pihak Hotel

Karena lingkupnya di dalam hotel tentu kamu perlu meminta izin kepada pihak terkait untuk mendirikan usaha tersebut. Meski terbilang tidak mudah namun hal ini perlu dicoba karena hasilnya juga sepadan dengan hasil kerja kerasnya nanti.

Kamu bisa berbicara dan meminta izin dengan menyertakan proposal dan surat perjanjian dengan detail. Jika ini semua dilakukan dengan benar dan mudah dipahami bukan tidak mungkin pihak hotel akan mengizinkannya.

Memberikan Layanan Terbaik

Meski lokasinya strategis tetapi pelayanan kurang juga tidak akan memuaskan para pelanggan. Untuk layanan ini cukup beragam dan diantaranya proses antar jemput pakaian ketika akan di laundry.

Jadi pelanggan tinggal menelpon dan kamu perlu menjemput pakaian tersebut di rumah mereka. Jika sudah kering pakaian tersebut bisa diantar ke lokasi dalam kondisi bersih dan wangi.

Selain layanan tersebut juga bisa berupa promo menarik dan ada potongan untuk pelanggan pertama. Model layanan seperti ini akan membuat pelanggan semakin loyal dan terus-menerus order di tempat kamu.

Mempersiapkan Peralatan Laundry

Untuk peralatan laundry di dalam hotel tidak harus yang harganya mahal tetapi cukup barangnya yang berkualitas. Kamu bisa mencari peralatan dengan harga terjangkau dan tidak harus baru.

Hal ini dilakukan agar biaya yang akan ditanggung tidak terlalu banyak dilakukan di awal. Dengan memanfaatkan peralatan yang masih berfungsi tentu akan memudahkan langkahmu di usaha tersebut.

Jika nanti usaha sudah berjalan lancar maka peralatan yang fungsinya kurang maksimal bisa diganti dengan produk baru. Hal ini tentu dilakukan ketika keuntungan yang didapatkan benar-benar menguntungkan.

Berpikir Kreatif dan Inovatif

Memiliki usaha laundry tidak boleh stagnan begitu saja tetapi harus kreatif dan selalu berinovasi. Hal ini dilakukan agar pelanggan semakin loyal dan menghindari kompetitor untuk menyainginya.

Misalnya layanan yang awalnya cuci pakaian bisa ditambah bed cover, sepatu, boneka dan yang lainnya. Meski terlihat aneh namun layanan seperti ini yang justru akan mendatangkan keuntungan besar.

Selain itu tentu kamu perlu berpikir sendiri untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Dengan seperti ini bukan tidak mungkin usaha kamu akan terus berkembangan dan menghasilkan.

Pemasaran yang Tepat

Meski dilakukan di dalam hotel, kamu juga perlu mempromosikan layanan tersebut kepada semua orang. Bentuk pemasaran yang mudah adalah bisa kerjasama dengan hotel dengan mengiklankan layanan tersebut di bagian resepsionis.

Dengan diletakkan di bagian itu akan banyak diketahui oleh pelanggan hotel yang ada. Sehingga, layanan kamu akan mudah dikenali dan jangan lupa menyertakan nomor yang bisa dihubungi. Dan menariknya lagi, bisnis laundry hotel bisa dimulai dengan bisnis modal 50 rb an.

Secara keseluruhan bisnis laundry hotel memang dibutuhkan kreativitas khusus dan perlu mendapatkan izin juga. Kamu juga perlu memberikan layanan yang terbaik dan pastikan pakaian dicuci dengan bersih, wangi dan rapi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.