8 Indikator Kualitas Produk yang Wajib Diketahui

indikator kualitas produk

Di dalam dunia usaha ada namanya indikator kualitas produk. Hal ini semacam acuan ataupun standar yang dapat digunakan oleh pengusaha untuk dapat menghasilkan produk yang menarik, dan tentunya memiliki kualitas tinggi.

Selain itu produk yang dihasilkan juga diharapkan mampu memenuhi harapan pelanggan, tujuannya juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang dihasilkan.

8 Indikator Kualitas Produk yang Jarang Diperhatikan

indikator kualitas produk

Ternyata indikator kualitas produk merupakan sesuatu yang sangat penting, dan wajib untuk dijaga oleh pengusaha. Kemudian apa saja yang termasuk dalam indikator atau standar ini? simak pembahasannya di bawah.

1. Bentuk

Produk yang dihasilkan dapat dibedakan dengan jelas bentuknya di antara produk lain. Hal ini diukur melalui struktur fisik, bentuk, dan ukuran produk yang dimiliki serta produk memiliki bentuk yang jelas dan dapat dideskripsikan.

2. Ciri-Ciri

Features atau ciri, merupakan ciri khas produk yang menjadi pendukung dari fitur utama. Dapat dikatakan ini merupakan ciri khas tambahan, namun dapat menjadi keunggulan yang dapat dibanggakan juga dihadapan konsumen dan menyokong kinerja fungsi utama.

3. Kinerja

Performance atau kinerja produk, menampilkan aspek fungsional dari produk yang dihasilkan. Nantinya kinerja ini dapat menjadi pertimbangan oleh konsumen apakah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen atau tidak, dan mendukung pengambilan keputusan.

4. Ketepatan

Kesuaian atau ketepatan produk apakah sesuai dengan karakteristik yang dimaksud. Adanya kesinambungan antara standar kualitas dengan desain yang dibuat, nantinya standar ini disesuaikan kembali dengan kebutuhan konsumen ataupun pasar.

5. Ketahanan

Durability atau ketahanan atau tingkat keawetan produk, merupakan pengukuran yang dilakukan untuk mengetahui tingkat keawetan produk. Selain itu pengukuran ini juga dilakukan untuk mengukur seberapa jauh produk dapat digunakan, dan seberapa lama.

6. Kehandalan

Memperhatikan kemungkinan reliability atau kehandalan dari produk yang berhasil tersampaikan sesuai dengan fungsinya, yaitu dengan fungsinya terjalani dengan benar pada saat konsumen menggunakan produk tersebut sesuai dengan petunjuk dan waktu yang ditentukan.

7. Gaya

Bagaimana pandangan konsumen pada saat pertama kali melihat produk ini, terutama pada tampilan yang diberikan. Karena itu pembuatan kemasan harus memperhatikan gaya ciri khas dari produk, namun tetap mempertahankan nilai estetika.

8. Desain

Terakhir adalah desain, yang semuanya berkaitan dengan keistimewaan sebuah produk. Dimana hal tersebut akan membuat penampilan produk menjadi menarik, sesuai dengan fungsinya berdasarkan dengan hal yang menjadi keinginan konsumen.

Pentingnya Menjaga Indikator Kualitas Produk

How To Judge Product Quality – DSbc

Ternyata ada 8 indikator atau standar kualitas produk yang menjadi acuan apakah produk tersebut sudah baik atau belum, dan siap bersaing untuk mendapatkan hati masyarakat di pasaran. Karena itu penting memang untuk menjaga standar ini terhadap produk yang dimiliki.

Kemudian apa saja keuntungan, dan mengapa penting menjaga indikator kualitas produk? Berikut adalah pembahasannya.

  • Meningkatkan daya saing produk atau brand yang dimiliki. Dengan menjaga standar di atas tetap baik, maka akan dapat mempertahankan konsumen dan membuat konsumen menjadi susah berpaling ke produk lain.
  • Membangun kepercayaan konsumen terhadap produk yang dimiliki. Apabila kualitas produk tetap terjaga, maka memberikan kepada konsumen bahwa pengusaha benar-benar menjaga kualitasnya untuk konsumen.
  • Mendorong adanya pemasaran gratis berupa rekomendasi dari mulut ke mulut antar sesama konsumen.
  • Merupakan strategi bisnis yang tidak hanya dapat menaikkan nama produk, tapi juga sebagai ajang branding untuk membuktikan nilai perusahaan karena mampu menghasilkan produk yang berkualitas.
  • Meminimalisir timbulnya komentar negatif, yang dapat berakibat buruk ke depannya dan mencegah terjadi refund produk karena kekecewaan pelanggan.

Sekarang sudah paham bukan apa itu indikator kualitas produk, dan mengapa sangat penting untuk menjaga indikator ini. Karena tujuannya hanya untuk keuntungan pengusaha sendiri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *