Keuntungan Bisnis Properti Bagi Semua Pengusaha Properti

keuntungan bisnis properti

Ketika berbicara properti memang tidak ada habiskan karena masuk dalam investasi yang sangat menjanjikan. Dikatakan demikian karena dalam setiap tahun nilai properti selalu bertambah sedikitnya 10% dari harga awal.

Selain dari kenaikan harga, ada beberapa keuntungan bisnis properti yang perlu kamu ketahui. Jika diperhatikan keuntungannya bukan hanya finansial tetapi berupa berbagai hal yang menguntungkan semua pihak.

Read More

Dalam memperoleh keuntungan, ada beberapa pelaku properti yang ikut andil dalam memperoleh penghasilan. Jumlah keuntungan yang diterima juga beragam tergantung dari jumlah properti yang terjual dalam kurun waktu tertentu.

Pelaku Bisnis Properti yang Biasa Kita Jumpai

Dalam mendapatkan keuntungan, ada beberapa pelaku properti yang perlu kamu ketahui dan berikut ulasannya :

Perantara

Perantara dalam properti sifatnya seperti makelar dan umumnya bergerak secara pribadi dalam memasarkan produk. Keuntungan yang diperoleh oleh makelar tergantung dari jumlah properti yang telah terjual.

Agen Properti

Selain perantara, ada juga agen properti yang fungsi utamanya sama dengan perantara yaitu memasarkan properti. Namun agen ini umumnya bersifat perusahaan atau perorangan dan ada berbagai manajemen yang perlu dilakukan

Developer

Selain kedua pelaku diatas, di dalam bisnis properti juga ada developer yang bertindak sebagai pembuat properti. Jadi pelaku satu ini bertugas membuat properti di berbagai daerah dan setelah jadi biasanya menggunakan agen atau perantara dalam memasarkannya.

6 Keuntungan Bisnis Properti

Setelah mengetahui berbagai pelaku properti, kamu juga akan mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut. Selain dalam bentuk finansial, ada beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan dan berikut ulasan selengkapnya :

1. Prospeknya Cerah

Memiliki bisnis properti seolah tidak ada ruginya apalagi para peminatnya setiap tahun selama bertambah. Dikatakan demikian karena jumlah data orang yang hidup lebih banyak dari yang mati dan setiap orang tentu membutuh tempat tinggal.

Dengan alasan tersebut maka properti tidak ada surutnya dan kalaupun pun tentu tidak akan banyak. Oleh karena itu, usaha seperti ini bisa dijadikan sarana untuk memperoleh keuntungan dan investasi di masa yang akan datang.

Selain itu, prospek dari properti ini dapat dijadikan sebagai jaminan usaha ketika akan meminjam usaha di bank. Hal seperti ini tentu sangat menguntungkan dimana kamu bisa memperlebar sayap untuk memutar ke usaha yang lainnya.

2. Pengelolaannya Cukup Mudah

Dalam mengelola properti tidaklah serumit membangun perusahaan dan mengelolanya secara pribadi. Konsep pengelolaan pada usaha ini dapat dilakukan dengan merawat fisik dan rutin membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengatur siklus keuangan yang diperoleh dari setiap penjualan. Jika mampu proses pengelolaan seperti ini dapat dilakukan secara individu dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Khususnya untuk pengelolaan secara fisik dapat dilakukan dengan rutin merawat berbagai aksesoris properti dan menjaga kualitasnya. Proses ini dilakukan karena ketika fisik properti semakin rusak maka harganya juga semakin turun dari sebelumnya.

3. Resiko Rendah

Properti masuk dalam usaha yang memiliki resiko rendah karena di periode tertentu harganya selalu naik. Karena kenaikan tersebut tentu untuk mendapatkan kerugian sangat kecil kecuali jika fisik properti tidak dirawat dengan baik.

Selain itu, properti juga bisa dijadikan sebagai aset masa depan yang proses pembayarannya tidak harus tunai. Kamu bisa membayar properti dengan cara diangsur dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Karena alasan itulah maka banyak pebisnis yang mulai memutar otak untuk terjun di usaha properti ini. Hal ini dikarenakan resikonya yang rendah dan keuntungan yang akan diperoleh cukup menjanjikan.

4. Keuntungannya Relatif Besar

Sebagaimana disebutkan di awal, properti ini umumnya selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Persentase kenaikannya juga tidak tetap dan terkadang naik secara drastis tetapi kadang turun.

Namun rata-rata properti selalu mengalami kenaikan dan ini berbanding lurus dengan keuntungan yang diperoleh. Jika kamu berinvestasi di properti dengan nilai 1 miliar dengan persentase 10% maka hasilnya cukup lumayan.

Jika dikonversi hasilnya bisa mencapai 100 juta dalam setahun dengan tanpa melakukan aktivitas apapun. Jadi keuntungan yang diperoleh selain besar, kamu juga tidak perlu melakukan berbagai aktivitas apapun.

5. Bisa Diwariskan

Ketika kamu melakukan investasi tetapi lebih dulu meninggal dunia maka bisa diwariskan kepada anak cucu. Hal seperti ini tentu bisa menjadi tabungan masa depan bagi mereka mengingat harganya yang selalu naik.

Ketika properti ini di investasikan maka anak cucu akan mendapatkan passive income dari usaha tersebut. Bukan hanya itu, keuntungan yang akan diperoleh ketika dijual juga sangat besar dan bisa untuk bekal pendidikannya di masa depan.

6. Tidak Terlekang Waktu

Properti berbeda dengan usaha lainnya dimana usaha tersebut tidak terlekang oleh waktu dan terus meningkat. Bagaimana tidak setiap pasangan yang telah menjalin hubungan selalu butuh rumah untuk tempat tinggal mereka.

Hal inilah yang membuat bisnis ini tetap menggurita bahkan semakin tahun terus meningkat prospeknya. Oleh karena itu hal seperti ini dapat dijadikan sebagai keuntungan dan hasil yang akan didapatkan juga tidak sedikit.

Jenis-Jenis Properti yang Dapat Menghasilkan Keuntungan

Setelah mengenal berbagai keuntungan dari bisnis properti, kamu juga perlu mengetahui berbagai jenisnya. Ada berbagai jenis properti yang memiliki prospek cerah dan berikut ulasan selengkapnya :

1. Ruko

Ruko singkatan dari rumah toko dimana jenis ini biasanya memiliki dua lantai dimana lantai satu untuk komersial dan lantai atas untuk tempat tinggal. Untuk besarkan ruko juga relatif tetapi umumnya memiliki lebar 3 meter dengan panjang 9-15 meter.

Dengan memiliki ruko kamu akan mendapatkan dua keuntungan yang akan diperoleh. Keuntungan pertama harga ruko terus meningkat sedangkan kedua kamu bisa mendapatkan keuntungan dari usaha yang dibuka.

2. Rumah

Jenis properti selanjutnya adalah rumah dimana memiliki fungsi sebagai tempat tinggal untuk semua orang. Jenis properti ini banyak diminati di kalangan kelas menengah ke bawah dan harganya relatif lebih murah.

Selain itu bentuk dari rumah juga beragam mulai yang sederhana, minimalis hingga elegan. Semua ini memiliki harga yang berbeda antara satu dengan yang lainnya dan kamu bisa memilih sesuai keinginan.

3. Apartemen

Khusus untuk jenis properti satu ini biasanya lebih identik dengan bangunan yang ada di kota-kota besar. Dengan demikian, jenis properti satu ini memang dikhususkan bagi orang-orang yang kaya-raya dan didominasi kalangan menengah keatas.

Apartemen berbeda dengan rumah karena di dalamnya memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan beragam. Selain itu desainnya juga sangat modern dan berada di lokasi yang sangat strategis untuk melakukan aktivitas harian.

Itulah beberapa keuntungan bisnis properti yang akan diperoleh dan hasil yang akan diperoleh juga cukup besar. Selain manfaat secara finansial ada beberapa keuntungan lain yang akan diperoleh diantaranya memiliki prospek yang cerah dan bisa diwariskan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.