22 Peluang Bisnis di Pedesaan Paling Recommended di 2022

Ada yang mengatakan bahwa dengan berbisnis di kampung kita tidak akan maju. Padahal sejatinya tidak, peluang bisnis di pedesaan sama besarnya seperti di kota. Tinggal bagaimana kita menyiasati peluang dan kesempatan yang ada.

Artikel ini akan mengulas seputar peluang bisnis apa saja yang menjanjikan di desa. Jika bermanfaat bagi Anda silakan scroll artikelnya ke bawah.

Read More
peluang bisnis di pedesaan

Peluang Bisnis di Daerah Pedesaan Modal Terjangkau

Jika anda membutuhkan beberapa saran bisnis, berikut beberapa peluang bisnis yang dapat dijalankan di pedesaan.

1. Ternak Sapi

peluang bisnis di pedesaan ternak sapi

Di wilayah pedesaan yang notabene memiliki banyak lahan dapat menciptakan peluang usaha di desa yaitu salah satunya beternak sapi.

Pasalnya, penduduk dapat membangun kandang sapi di lahan yang kosong dekat hunian mereka.

Selain itu, biasanya rumput liar untuk makanan sapi dapat dengan mudah diperoleh.

2. Ternak Ayam

peluang bisnis di pedesaan ternak ayam

Selain sapi, beternak ayam kampung atau petelur dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar dan menjadi usaha paling sukses di desa.

Jika anda beternak ayam petelur, and bisa menjual telur tersebut secara langsung atau memasok ke toko-toko sembako lain.

Sama halnya dengan ayam kampung, biasanya dapat anda jual kepada penjual makanan yang ada di desa yang sama atau wilayah lainnya.

3. Toko Sembako

peluang bisnis di pedesaan toko sembako

Penduduk desa biasanya kerap pergi ke kota untuk membeli kebutuhan sehari-hari yang lengkap.

Maka dari itu, keberadaan toko sembako atau kelontong di desa dapat sangat membantu mereka agar tidak perlu pergi ke daerah perkotaan.

Bisnis ini memiliki peluang yang besar untuk terus bertahan karena warga akan selalu membutuhkan barang pokok untuk kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal, Pasti Untung!

4. Jasa Potong Rambut atau Tata Rias Kecantikan

peluang bisnis di pedesaan jasa potong rambut

Biasanya jasa potong rambut di daerah perkotaan relatif lebih mahal dan jarak yang ditempuh cukup jauh.

Oleh sebab itu, membuka jasa potong rambut dan tata rias kecantikan adalah inovasi usaha di desa cukup menjanjikan.

Apabila banyak review positif dari warga sekitar, tidak menutup kemungkinan konsumen akan datang dari desa terdekat lainnya.

5. Bertani atau Berkebun

peluang bisnis di pedesaan bertani

Lahan yang luas dapat dimanfaatkan untuk bertani berbagai macam tumbuhan untuk dijual atau bahkan dikonsumsi sendiri.

Dengan bertani, anda juga dapat membuka lahan pekerjaan bagi penduduk desa setempat yang membutuhkan pekerjaan.

Anda juga dapat menyiasati menanam tumbuhan berbeda sesuai musim agar bisnis pertanian dapat selalu bertahan.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga di Kampung yang Mudah

6. Rental Alat Pertanian

peluang bisnis di pedesaan alat pertanian

Untuk anda yang tidak memiliki lahan pertanian, usaha sewa alat pertanian juga dapat menjadi bisnis yang cukup menjanjikan.

Pasalnya, bercocok tanam merupakan usaha yang cukup umum yang dijalankan di daerah pedesaan.

Oleh karena itu, usaha rental alat pertanian memiliki peluang cukup menjanjikan untuk terus dapat bertahan dan dibutuhkan oleh para petani.

7. Bisnis Pulsa dan Paket Internet

peluang bisnis di pedesaan pulsa

Saat ini kebutuhan untuk berkomunikasi dengan cepat tidak hanya marak di wilayah perkotaan namun juga dikalangan masyarakat desa.

Pulsa dan internet menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting guna menunjang pekerjaan dan juga sebagai sumber mendapatkan berbagai hiburan.

Walaupun keuntungannya relatif kecil, usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan dan juga dibutuhkan oleh banyak orang.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menjadi Reseller Online Shop Tanpa Modal

8. Ternak Ikan Lele

peluang bisnis di pedesaan ternak lele

Selain beternak sapi dan ayam, lele juga bisa menjadi pilihan karena merupakan peluang usaha yang belum banyak pesaing.

Untuk usaha ini, anda bisa hanya fokus untuk pembibitan lele dimana hanya berfokus bagaimana memelihara induk lele.

Setelah induk lele bertelur dan menghasilkan banyak bibit, anda dapat menjual lele-lele tersebut pada ukuran tertentu pada peternak pembesaran lele.

9. Usaha Kuliner

peluang bisnis di pedesaan kuliner

Bisnis yang satu ini salah satu bisnis yang tidak akan pernah ada habisnya di semua wilayah baik perkotaan maupun pedesaan.

Usaha kuliner akan terus menerus berjalan selama manusia membutuhkan makanan dan minuman.

Namun, karena banyaknya pesaing yang ada, anda harus banyak melakukan inovasi pada produk dan teknik pemasaran untuk menarik pembeli.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Jajanan Anak SD dan Tips Memulainya

10. Usaha Pakaian

peluang bisnis di pedesaan pakaian

Usaha pakaian juga dapat menjadi salah satu bisnis menguntungkan yang dijalankan di daerah pedesaan.

Anda dapat menjual berbagai model dan jenis pakaian yang sedang naik daun dan banyak diminati di daerah perkotaan ke desa.

Untuk memastikan dagangan anda banyak diminati, anda bisa mencari agen pakaian yang menjual barang dengan harga lebih murah.

11. Pertamini

peluang bisnis di pedesaan pertamini

Apabila jumlah kendaraan bermotor di bertambah dan cukup tinggi, bisnis pertamini dapat menjadi usaha yang menjanjikan.

Hal ini dikarenakan umumnya pom bensin hanya berdiri di daerah perkotaan sehingga banyak harus menempuh jarak cukup jauh untuk mengisi bahan bakar.

Dengan begitu, penduduk desa akan lebih tertarik membeli bahan bakar di pertamini dibanding pom bensin di kota atau bahkan bahan bakar eceran.

12. Bimbingan Belajar

peluang bisnis di pedesaan bimbingan belajar

Dengan semakin majunya dunia pendidikan di Indonesia, tidak menutup kemungkinan warga desa juga membutuhkan pelajaran tambahan diluar sekolah.

Membuka bimbingan belajar dapat mendatangkan keuntungan yang cukup tinggi dan tidak membutuhkan modal yang banyak bahkan mungkin tidak perlu.

Selain itu, usaha ini dapat menjadi salah satu wadah bagi anda berkontribusi untuk mencerdaskan anak bangsa.

Baca Juga: 6 Langkah Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha

13. Agen Pengiriman Barang

Agen Pengiriman Barang

Jual beli online saat ini sangat populer sampai ke berbagai pelosok desa sehingga menambah peluang bisnis baru. Salah satunya bisnis agen pengiriman barang yang dibutuhkan untuk mengirimkan paket.

Jangan salah, meskipun di desa saat ini sudah banyak warga yang mulai bisnis secara online. Sehingga mereka membutuhkan agen untuk mengirimkan paket yang dekat sehingga bisa mempercepat pengiriman.

Membuka agen pengiriman barang bisa menjadi ide bisnis di desa yang menguntungkan. Temukan agen yang banyak diminati atau digunakan kemudian lakukan kerjasama dengan perusahaan tersebut.

Cari tempat yang strategis agar lebih mudah diketahui serta memudahkan kendaraan untuk pick up barang. Jika memang harus sewa tempat sebaiknya perhitungkan apakah memungkinkan dari segi hasil atau tidak.

14. Jasa Laundry

Jasa Laundry

Di kota besar menemukan jasa laundry tidaklah sulit bahkan dapat dikatakan sangat menjamur. Namun berbeda dengan di desa yang masih jarang sehingga dari segi persaingan sangat minim.

Sebagian besar masyarakat di desa mencuci dengan cara manual sehingga mereka kesulitan ketika mencuci selimut besar atau boneka. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan menyediakan jasa laundry.

Jasa cuci baju tidak membutuhkan modal banyak karena hanya mesin cuci dan setrika saja. Soal tempat bisa memulai bisnis ini dari rumah saja kemudian tawarkan layanan antar jemput.

Sebagian besar orang-orang lebih menyukai paket mencuci kiloan karena dianggap lebih murah daripada satuan. Untuk memiliki banyak pelanggan tawarkan paket khusus pelanggan sehingga terus menggunakan jasa tersebut.

15. Bisnis Hantaran Pernikahan

jasa wedding

Tinggal di desa masih kental dengan berbagai tradisi, adat istiadat terutama dalam acara pernikahan. Jika memiliki bakat dalam membuat kue atau menghias hantaran maka dapat menjadi peluang bisnis.

Dalam acara pernikahan ada banyak hantaran yang harus dibawa bahkan dari acara lamaran biasanya sudah ada. Sebagian besar hantaran yang dibawa tidak dihias atau dibawa seadanya saja.

Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk bisnis hantaran pernikahan yang dihias lebih menarik lagi. Begitupun dengan kue-kue yang dibawa bisa lebih kekinian dari segi rasa dan tampilannya.

Foto setiap hasil hiasan barang seserahan maupun kue yang dibuat untuk media promosi. Tawarkan ke tetangga atau rekan-rekan yang sedang mempersiapkan pernikahan dengan harga menarik.

16. Sediakan Wifi Berbayar

Kebutuhan akan internet semakin besar, bahkan dapat dikatakan sebagai kebutuhan utama masyarakat saat ini. Tidak hanya di kota besar karena sekarang masyarakat di desa juga membutuhkan internet untuk berbagai tujuan.

Namun sayangnya jika harus memasang wifi sendiri membutuhkan biaya besar sedangkan paket internet juga mahal. Maka dapat dimanfaatkan untuk memasang wifi di rumah kemudian tawarkan kepada tetangga jika ingin menggunakan.

Tentu saja hal ini tidak gratis, pasang tarif misalnya per hari Rp 2.000 per 1 handphone dan sudah bebas seharian. Bisa juga tetangga yang masih terjangkau wifi mau bergabung bulanan misalnya Rp 50.000/bulan.

17. Jualan Souvenir

Trend memberikan souvenir untuk berbagai acara saat ini sudah mulai diminati masyarakat di desa. Menyediakan berbagai pilihan souvenir untuk acara-acara seperti pernikahan, kelahiran, ulang tahun dan lainnya.

Untuk masyarakat desa biasanya sangat suka souvenir murah, berguna dan ukurannya cukup besar. Maka sediakan berbagai pilihan dengan paket harga berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan budget pemesan.

Dibutuhkan kreativitas dan ketelatenan dalam pembuatan souvenir sehingga pastikan Anda memilikinya. Bisnis ini tidak bisa sukses secara instan sehingga harus perlahan demi mendapatkan kepercayaan.

Jika tidak memiliki modal besar maka gunakan sistem DP agar menjamin keamanan transaksi serta meminimalkan modal. Tawarkan mulai dari orang-orang terdekat misalnya tetangga, saudara dan kerabat.

18. Kredit Peralatan Dapur

bisnis peralatan dapur

Sebagian besar ibu rumah tangga di desa sangat menyukai peralatan dapur dengan sistem kredit. Dengan cara ini biasanya bisa membeli berbagai peralatan dapur tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Tidak perlu stok barang karena bisa membelikan peralatan yang dibutuhkan sesuai pesanan saja. Jangan lupa memberikan harga lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan dari sistem kredit tersebut.

Mengingat bisnis kredit ini sangat beresiko karena bisa saja tidak membayar dengan berbagai alasan. Maka usahakan mencari pelanggan dengan memperhatikan kualitasnya demi meminimalkan resiko gagal bayar.

19. Warung Kopi

bisnis warung kopi

Bisnis warung kopi memang bisa dilakukan di kota maupun di desa karena pasarnya selalu ada. Cari lokasi strategis dimana banyak orang nongkrong malam hari seperti di area pasar.

Sediakan berbagai minuman seperti kopi, teh hangat, macam-macam es dan minuman lainnya. Bisa juga dengan menyediakan gorengan, nasi bungkus atau camilan lain sebagai teman minum kopi.

20. Membuka Warnet

Warnet atau warung internet masih sangat dibutuhkan masyarakat terutama para pelajar di desa. Peminat warnet masih cukup besar di desa karena pelajar jarang yang memiliki laptop atau komputer sendiri.

Tidak harus menyediakan laptop dalam jumlah banyak sekaligus karena bisa disesuaikan dengan modal. Misalnya memanfaatkan ruang tamu di rumah dengan menyediakan dua atau tiga komputer.

Pasang tarif yang terjangkau untuk pelajar di desa, misalnya per jam hanya perlu membayar Rp 3.000. Sediakan pula printer untuk melayani jika ada yang ingin mencetak langsung tugas sekolahnya.

Pastikan menguasai komputer secara dasar agar bisa membantu jika ada kendala saat digunakan. Seperti cara editing sederhana sehingga pengguna jasa warnet tersebut merasa sangat terbantu.

21. Bisnis Cucian Motor

cuci motor

Di pedesaan biasanya masih sangat jarang tersedia layanan khusus cuci motor atau mobil seperti di kota besar. Bisnis ini bisa dicoba dengan memulai membuat tempat cuci motor sesederhana mungkin untuk meminimalkan biaya.

Pastikan terlebih dahulu di sekitar belum ada tempat cuci motor agar persaingan tidak terlalu berat. Jika memang lokasi yang dimiliki kurang strategis maka bisa menyewa tempat lain agar lebih mudah ditemukan.

Kunci utama dari bisnis ini yaitu pelayanan dan hasil harus memuaskan mengingat bisnis dalam bidang jasa. Jangan lupa untuk selalu jujur tidak mengambil barang apapun yang ada pada kendaraan tersebut.

Agar lebih menarik tawarkan promo-promo khusus seperti cuci 10x gratis 1x atau diskon member. Bisa juga menawarkan jasa antar jemput kendaraan yang dicuci sebagai bentuk pelayanan terbaik.

22. Jual Kerupuk Matang

bisnis jualan kerupuk

Warga di desa sangat menyukai kerupuk untuk lauk makan setiap harinya sehingga pasti laku di pasaran. Berbisnis kerupuk matang sangat mudah dilakukan dengan menggoreng sendiri kerupuknya kemudian dititipkan ke warung.

Tidak perlu keahlian khusus untuk membuka bisnis ini karena menggoreng kerupuk sangatlah mudah. Cukup membeli kerupuk mentah kemudian digoreng lalu dikemas menggunakan plastik.

Titipkan di warung atau toko sekitar rumah dengan harga normal di pasaran biasanya sekitar Rp 2.000. Meski keuntungan dari bisnis ini tidak terlalu besar namun perputaran uangnya cukup cepat.

Perluas jangkauan titipan kerupuk tersebut karena di desa biasanya padat penduduk dan lebih banyak warungnya. Jangan lupa untuk rutin mengecek ke warung-warung apakah kerupuk habis atau sudah melempem untuk segera diganti.

Nah, itu dia beberapa usaha yang dapat dijalankan di daerah pedesaan dengan prospek yang cukup menjanjikan.

Diantara 22 jenis usaha yang saya rekomendasikan di atas, manakah kira-kira yang cocok dengan anda?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.