17 Peluang Usaha Makanan Khas Daerah yang Pasti Laris

Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Setiap di Setiap daerah pasti punya makanan khas tersendiri, makanan tersebut banyak pula yang telah dimodifikasi mengikuti perkembangan zaman. Buat Anda yang ingin terjun dalam bisnis kuliner, tak ada salahnya mencoba peluang usaha makanan khas daerah yang paling banyak digemari masyarakat.

Mau tahu makanan khas daerah apa saja yang paling laris dan berpotensi meraup banyak keuntungan? Simak dalam artikel ini!

Read More

17 Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Paling Laris

Inilah 17 ide peluang usaha makanan khas daerah yang paling laris, yang diantaranya telah dimodifikasi. Sehingga menghasilkan makanan bercita rasa kekinian tanpa meninggalkan rasa khas daerahnya.

1. Nasi Kucing

Nasi kucing, mungkin namanya terdengar aneh, namun pastinya tak asing bagi para penjajal kuliner khas daerah. Makanan khas Jogja ini banyak ditemukan di sepanjang jalan di warung – warung angkringan.

Bukan hanya di kota asalnya, nasi kucing pun terkenal di kota – kota besar lainnya. Usaha angkringan nasi kucing juga bisa jadi usaha yang cukup menjanjikan.

Nasi kucing sendiri terdiri dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dengan lauk pauk yang ditusuk seperti sate. Karena porsinya yang kecil dan sedikit itulah makanan ini dinamakan nasi kucing. Jadi, bukan karena terbuat dari daging kucing ya.

2. Mie Aceh

Dari namanya saja pastilah asalnya dari Aceh, tak mungkin dari Jogja! Kuliner khas Aceh ini banyak ditemukan di mana-mana.

Mie Aceh punya tekstur yang lembut dan tebal, cara meraciknya dengan dicampur irisan daging dan bumbu rempah khas. Mie Aceh dapat disajikan dengan direbus, digoreng, maupun ditumis.

Untuk lebih nikmat bisa juga tambahkan seafood seperti udang, kepiting atau cumi.

Bila Anda belum jago memasak Mie Aceh Anda bisa belajar lewat youtube sebelum memulai bisnis kuliner khas daerah ini.

3. Seblak

Makanan khas Jawa Barat yang populer ini kini banyak digemari masyarakat. Seblak yang dahulu hanyalah terbuat dari kerupuk basah yang dimasak, kini dimodifikasi dengan berbagai campuran isi seperti ceker, sosis, telur, mie dan sayuran dengan rasa yang pedas dan nikmat.

Peluang usaha makanan khas daerah yang dimodifikasi ini bisa jadi sangat menguntungkan. Mengingat seblak saat ini tengah populer dan favorit banyak orang.

4. Pempek

Siapa yang tak kenal pempek, makanan khas Palembang ini bisa dibilang favorit banyak orang. Karena itu peluang usaha makanan daerah ini pasti bakal laris dan mendatangkan keuntungan besar.

Makanan yang terbuat dari campuran ikan dan tepung tapioka ditambah bumbu khas ini punya tekstur yang kenyal. Pempek disajikan dengan kuah khas yang berwarna coklat kehitaman dengan rasa yang unik ada rasa asem, manis, gurih dan pedas.

Ada berbagai jenis pempek yaitu pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek adaan, pempek keriting, dan pempek kulit ikan.

5. Gado-Gado

Makan khas Jakarta ini banyak ditemukan mulai yang di pinggir jalan hingga di restoran. Tak hanya terkenal di Indonesia, gado-gado juga dikenal di mancanegara.

Gado-gado terdiri dari bermacam sayuran seperti kangkung, kol, kacang panjang, toge, kentang, tahu, tempe, yang disiram dengan bumbu kacang. Bukan hanya menyehatkan makanan ini juga punya citarasa yang khas, nikmat dan pedas.

Ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang satu ini bisa jadi usaha yang cukup menjanjikan. Selain modalnya yang minim gado-gado juga termasuk salah satu makanan favorit banyak orang. Sudah dipastikan usaha Anda akan laris sehingga banyak meraup keuntungan.

6. Bika Ambon

Mendengar nama Bika Ambon mungkin sudah tidak asing dengan rasa serta aroma khas disukai banyak orang. Jika dilihat dari namanya banyak orang mengira asalnya dari Ambon padahal sebenarnya dari Sumatera Utara.

Bika Ambon sendiri banyak dijual di kota Medan dan sering dijadikan sebagai cidera mata atau oleh-oleh. Tidak heran jika akan sangat mudah menemukan penjual Bika Ambon di kota Medan dan sekitarnya.

Populernya makanan satu ini menjadi peluang bisnis tersendiri untuk dijual dengan menjaga keaslian rasanya. Jangan lupa mencari tempat strategis agar bisnis kuliner Bika Ambon bisa laris manis dan untung.

7. Kerak Telor

Jika berkunjung ke Jakarta rasanya ada yang kurang kalau tidak mencoba Kerak Telor khas Ibukota. Kerak Telor sendiri menjadi salah satu kuliner khas suku Betawi dan kerap kali disajikan di berbagai perayaan.

Kerak Telor sendiri bisa dikatakan sebagai fast food-nya orang Jakarta dengan rasa gurih dan legit. Biasanya pembeli dapat melihat langsung bagaimana proses pembuatannya sehingga tidak bosan saat menunggu.

Bahan-bahan untuk membuat kuliner satu ini juga tidak rumit seperti telur, beras ketan dan ebi. Dibuat menggunakan api dari arang membuat cita rasa khas dari Kerak Telur membuat ketagihan.

8. Rujak Cingur

Membahas Rujak memang sangat menarik karena sangat mudah ditemukan di berbagai kota di seluruh Indonesia. Rujak sendiri merupakan makanan khas dari provinsi Jawa Timur dan ada banyak jenisnya.

Rujak Cingur sangat populer karena memiliki campuran yang sedikit unik yaitu cingur atau moncong sapi. Kuliner satu ini banyak diminati karena mengenyangkan, sehat dan pastinya harganya sangat terjangkau.

Saat ini Rujak sudah dikembangkan dengan berbagai pilihan menu seperti Rujak Sayur, Rujak Lontong, Rujak Cingur dan Rujak Soto. Sediakan berbagai pilihan menu Rujak untuk menarik pelanggan berdatangan.

9. Ayam Betutu

Bali merupakan pulau wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tidak hanya tempat wisatanya namun juga berbagai jenis makanan khas Bali memiliki daya tarik tersendiri.

Salah satu kuliner paling populer yaitu Ayam Betutu yang disukai oleh wisatawan dari berbagai kalangan. Hal ini menjadikan peluang berbisnis kuliner Ayam Betutu menjadi sangat terbuka lebar.

Ayam Betutu dibuat dari rempah-rempah khas Bali dan dimasak dengan cara khusus untuk menghasilkan aroma khas. Jika berbisnis kuliner Ayam Betutu dipastikan banyak pelanggan karena tidak harus ke pulau Bali.

10. Rendang

Rendang tidak hanya terkenal di dalam negeri saja namun juga sudah dipasarkan ke berbagai negara lain. Kuliner ini memang sangat lezat karena dibuat dari rempah-rempah cukup banyak dengan proses panjang.

Rendang merupakan makanan khas dari Sumatera Barat dan sudah menjadi kebudayaan dari suku Minang. Biasanya daging yang digunakan yaitu daging sapi atau kerbau dan disajikan bersama nasi hangat.

Meski terkenal dengan kelezatannya, jarang ada yang mau memasak sendiri karena prosesnya butuh waktu lama. Hal ini menjadi peluang usaha tersendiri untuk berbisnis rendang yang siap makan.

11. Gudeg

Gudeg merupakan makanan dengan paket komplit yang berasal dari Pulau Jawa tepatnya kota Yogyakarta. Gudeg sendiri campuran dari berbagai menu seperti nasi, sayur nangka muda, suwiran ayam, telur di bumbu kecap dan lainnya.

Penggemar Gudeg sudah banyak dari berbagai daerah dan juga kalangan sehingga peluangnya terbuka lebar. Membuka usaha makanan Gudeg di daerah lain tentu menjadi ide usaha yang sangat menguntungkan.

Selain mengutamakan cita rasa Gudeg khas Jogja, bisa juga membuat suasana rumah makan seperti di Yogya. Tujuannya agar pengunjung bisa merasakan nostalgia seperti ketika berada di Yogya.

12. Nasi Padang

Selain Gudeg sebagai menu komplit khas Jogja, masih ada lagi menu komplit dari Sumatera yaitu Nasi Padang. Saat ini tidak sulit menemukan rumah makan yang menyediakan menu-menu Nasi Padang.

Dalam satu piring Nasi Padang terdiri dari nasi, rendang daging, sayur daun singkong dan kuah khusus. Memiliki ciri khas rasa membuat Nasi Padang sangat berbeda dengan nasi campur daerah lain.

Memilih menjalankan usaha warung Nasi Padang tidak perlu repot mencari pelanggan lagi. Karena sudah banyak penggemar makanan ini dengan ciri khas sendiri dijamin laris manis.

13. Sate

Sate merupakan makanan khas Jawa namun lebih sering dikenal sebagai kuliner dari Madura. Sate Madura memiliki cita rasa khas bumbu kacang yang membuatnya berbeda dengan sate dari daerah lain.

Sate tidak hanya terkenal di Indonesia namun sudah banyak diminati dan tersebar di berbagai negara lain. Tidak heran jika Sate banyak diminati oleh wisatawan asing yang sengaja datang ke Indonesia.

Berbisnis kuliner Sate memiliki peluang besar karena disukai banyak kalangan, mudah dibuat dan untung besar. Ada banyak pilihan daging untuk sate seperti ayam, kambing, kelinci, biawak dan banyak lainnya.

14. Pecel

Pecel merupakan kuliner khas Jawa terdiri dari berbagai jenis sayuran yang direbus kemudian disiram sambal kacang pedas. Untuk sayur yang digunakan seperti bayam, kacang, kangkung, cambah dan berbagai jenis sayur lainnya.

Kunci utamanya dari kuliner Pecel ini yaitu bumbu kacangnya yang terbuat dari kacang, cabe, kencur, bawang dan daun jeruk. Biasanya disediakan pilihan sambal pecel pedas, sedang atau manis.

Biasanya pecel dijual di pagi hari sebagai menu sarapan dengan harga cukup terjangkau. Saat ini ada banyak penjual nasi pecel yang berjualan menggunakan mobil jadi lebih praktis dan tidak perlu sewa tempat.

15. Tahu Bulat

Tahu Bulat merupakan makanan khas dari Tasikmalaya yang dijual dengan ciri khas penyebutannya. Biasanya penjualnya keliling menggunakan pick up dan langsung digoreng sehingga masih hangat.

Berbahan dasar kedelai dengan ciri khas bulat, bagian tengah kopong dan bumbu kacang memiliki cita rasa tersendiri. Makanan satu ini disukai dari anak-anak hingga orang dewasa di berbagai wilayah di Indonesia.

Jika ingin memulai usaha berjualan Tahu Bulat pastikan memiliki resep terbaik agar hasilnya maksimal. Bisa berjualan dengan cara berkeliling atau mencari tempat strategis agar lebih mudah ditemukan pembeli.

16. Batagor

Batagor merupakan singkatan dari baso tahu goreng yang berasal dari Jawa Barat tepatnya Bandung. Batagor terbuat dari adonan tepung dan ikan kemudian dilapisi tahu pada bagian luarnya.

Sebelum disajikan akan digoreng terlebih dahulu kemudian disiram bumbu kacang dan kecap manis. Bagi yang suka rasa pedas biasanya disediakan sambal sehingga bisa langsung ditambahkan saja.

Perlu diketahui Batagor sendiri ada dua jenis yaitu Batagor kering dan Batagor kuah yang hanya berbeda cara penyajiannya. Karena sudah sangat terkenal membuat Batagor memiliki pelanggan sendiri.

17. Siomay

Tidak hanya Batagor sebagai makanan khas Bandung yang terkenal, namun ada juga Siomay. Siomay adalah makanan yang terdiri dari baso tahu dan juga sayuran seperti kentang, kubis, pare dan lainnya.

Siomay juga sama dengan Batagor yang disiram dengan bumbu kacang sehingga perpaduan rasanya unik. Saat ini Siomay sangat mudah ditemukan karena sudah banyak penjualnya di berbagai sudut jalan di Indonesia.

Makanan khas Bandung ini sangat terjangkau dengan isian mengenyangkan sehingga banyak disukai untuk dijadikan kudapan. Jika ingin berbisnis kuliner ini pastikan menjaga cita rasanya karena cukup banyak pesaingnya.

Nah, itulah 17 peluang usaha makanan khas daerah yang pasti laris dan mendatangkan keuntungan besar. Karena semua pilihan kuliner tersebut merupakan salah satu favorit banyak orang. Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.