Perbedaan Paid Promote dan Endorse di Promosi Online

Perbedaan Paid Promote dan Endorse

Endorse atau paid promote merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif bagi pebisnis online. Meski sama-sama sebagai iklan online, tapi ternyata keduanya berbeda. Lantas, apa perbedaan paid promote dan endorse?

Baca untuk lebih memahami apa itu paid promote dan endorse serta perbedaannya.

Read More

Apa itu Paid Promote dan Endorse?

Perbedaan Paid Promote dan Endorse

Di era digital seperti sekarang, media promosi online adalah tempat yang tepat untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dan spesifik. Dua di antaranya yaitu paid promote dan endorse.

Paid promote (PP) adalah bentuk promosi yang dilakukan influencer atau selebriti untuk memberikan informasi yang disampaikan oleh pemilik bisnis.

Jadi, influencer atau selebriti hanya perlu mengunggah informasi tersebut di akun media sosial. Tujuannya supaya pengikut mereka melihat postingan Anda di media sosial atau merespon informasi yang Anda sampaikan melalui influencer.

Sementara endorse adalah bentuk iklan yang dilakukan influencer atau selebriti terkenal untuk memperkenalkan produk atau jasa. Termasuk strategi marketing dari mulut ke mulut melalui orang-orang yang berpengaruh. Kamu bisa baca artikel tentang cara endorse selebgram.

Lalu, apa perbedaan paid promote dan endorse secara lebih detail? Simak daftarnya di bawah ini.

5 Perbedaan Paid Promote dan Endorse Dalam Bisnis

Sebagai media promosi online, berikut beberapa perbedaan endorsement dan paid promote:

1. Sistem Promosi

Dalam mekanisme promosi dengan sistem paid promote, pemilik bisnis mengirimkan bahan untuk diunggah ke media sosial kepada influencer atau selebriti. Bahan materi bisa berupa gambar, caption, atau video.

Jadi, cara paid promote, influencer hanya perlu mengunggahnya ke media sosial mereka.

Sementara dalam sistem endorse, pemilik bisnis mengirimkan produk yang ditawarkan kepada influencer. Jadi, influencer membuat konten sendiri berupa review dan pengalaman menggunakan produk tersebut supaya orang yang melihat tertarik untuk membeli.

2. Media Iklan

Dalam paid promote, promosi dilakukan menggunakan akun-akun publik yang jumlah pengikutnya tinggi. Jadi, besar kemungkinan promosi dilihat oleh lebih banyak audiens.

Contohnya seperti akun Indozone, Jokes, atau akun-akun gosip, akun info lucu, dan sebagainya.

Untuk endorse, promosi menargetkan akun personal influencer. Dalam hal ini, jumlah pengikut bukan satu-satunya faktor utama yang menjadi pilihan. Akan tetapi, jumlah engagement juga menjadi pertimbangan.

3. Sistem Pembayaran dan Harga

Melihat mekanisme kerjanya, jelas jika paid promote lebih mudah sehingga harga promosinya lebih rendah. Di mana influencer hanya perlu memposting konten yang dikirim oleh pemilik bisnis.

Berbeda dengan endorse yang bekerja keras membuat konten dan informasi terkait produk secara mendetail, sudah tentu harganya lebih mahal. Bahkan harus mengirim produk ke influencer terlebih dahulu untuk pembuatan konten.

4. Tingkat Keberhasilan

Sebenarnya, tingkat keberhasilan promosi paid promote dan endorse tergantung pada isi promosi dan influencer yang Anda pilih.

Namun setelah melihat uraian di atas, jelas jika promosi dengan paid promote hanya berdasarkan satu sisi, yaitu pemilik bisnis.

Ini berbeda dengan endorse yang melibatkan influencer sebagai konsumen dan pemilik bisnis itu sendiri. Di mana endorse lebih meyakinkan audiens jika produk tersebut benar-benar telah digunakan oleh influencer.

5. Tujuan Promosi

Perbedaan yang terlihat jelas yaitu target promosi antara paid promote dan endorse.

Paid promote biasanya berupa promosi jangka pendek yang dilakukan secara langsung. Contohnya seperti diskon, pemberitahuan event, atau informasi brand.

Jadi, lebih untuk menarik audiens supaya tertarik dan langsung melakukan pembelian.

Sementara endorse lebih menekankan pada kesadaran merek dengan tujuan jangka panjang. Jadi, promosi melalui endorse bisa menjadi referensi bagi audiens terkait suatu produk.

Selanjutnya audiens akan membeli produk tersebut di waktu yang tepat atau saat audiens sudah membutuhkannya.

Setelah memahami berbagai perbedaan paid promote dan endorse, sekarang Anda tahu mana yang sesuai untuk media promosi Anda. Namun tetap, influencer bisa menjadi faktor utama keberhasilan promosi, jadi, pilih yang tepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *