5 Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia dan Prospek Kerjanya

Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia

Dunia bisnis mengalami perkembangan yang luar biasa. Dari tahun ke tahun, Jurusan bisnis juga banyak diincar oleh calon mahasiswa se-Indonesia karena peluang kerjanya yang cukup luas, mulai dari pengusaha hingga manajer.

Walaupun kamu akan menemukan hitung-hitungan dan angka, di jurusan bisnis kamu juga akan mempelajari beberapa hal lain yang menjadi bekal kamu untuk menjadi lulusan sekolah bisnis yang sukses.

Read More

Di artikel ini, kamu akan mengetahui deretan sekolah bisnis terbaik di Indonesia yang dapat membantumu mewujudkan mimpi sebagai entrepreneur juga mata Kuliah yang akan kamu dapatkan di jurusan bisnis. Namun, sebelum itu, simak dulu yuk deskripsi singkat dari jurusan bisnis!

Sekilas Tentang Jurusan Bisnis yang Ada di Indonesia

Jurusan bisnis adalah jurusan atau bidang pelajaran yang berkaitan dengan ilmu dasar bisnis. Ilmu dasar bisnis ini mencakup berbagai bidang seperti akuntansi, pemasaran, keuangan, ekonomi, kewirausahaan, marketing, dan jurusan e-commerce yang saat ini tengah hangat di tengah digitalisasi ekonomi.

Umumnya, orang-orang yang mengambil jurusan bisnis merupakan orang yang memiliki karakter seperti suka bertemu banyak orang, suka berbicara, inovatif, kreatif, punya jiwa leadership, dan mempengaruhi orang lain.

Silabus pendidikan bisnis sendiri mencakup administrasi bisnis, strategi bisnis, dasar-dasar marketing, ekonomi, keuangan, hukum, perencanaan bisnis juga manajemen Sumber Daya Manusia (SDM).

Di sekolah bisnis terbaik di Indonesia, kamu akan mendapatkan berbagai ilmu yang bermanfaat bagimu untuk mengatasi berbagai tantangan pekerjaan dan dibekali pengetahuan yang luas tentang prinsip-prinsip dunia bisnis.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Bisnis

Itulah deskripsi singkat mengenai jurusan bisnis. Selanjutnya, kira-kira apa saja mata kuliah yang banyak dipelajari di jurusan bisnis. Apa sajakah mata kuliah tersebut? Ini dia mata kuliah yang dipelajari di jurusan bisnis!

  • Akuntansi bisnis
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen pemasaran
  • Penjualan dalam bisnis
  • Komunikasi bisnis
  • Perilaku organisasi
  • Manajemen risiko
  • Studi kelayakan bisnis

Seperti yang dijelaskan di awal tadi, meskipun kuliah bisnis identik dengan perhitungan dan angka, kamu juga akan mendapatkan materi hafalan, seperti komunikasi bisnis yang akan berguna untuk membuka usaha dan bernegosiasi.

3 Alasan Kenapa Harus Kuliah di Jurusan Bisnis

Mungkin di antara kamu bertanya-tanya kenapa harus banget berkuliah di jurusan bisnis. Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan sekolah bisnis terbaik di Indonesia. Inilah beberapa alasan kenapa kamu harus kuliah bisnis:

Siap Berkarir Sebagai Pengusaha

Keunggulan pertama dari jurusan bisnis dapat mempersiapkan kamu agar dapat terjun ke dunia bisnis. Ini terjadi karena kamu sudah punya bekal yang kuat yang telah didapat semasa kuliah sehingga kamu bisa memulai karir sebagai pengusaha dengan lebih mudah.

Menciptakan Lapangan Kerja

Kemudian, dengan berkuliah di sekolah bisnis terbaik di Indonesia, kamu dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat lainnya melalui bisnis yang kamu dirikan. Kamu pun dapat memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar dan bermanfaat bagi sesama.

Meningkatkan Kemampuan Interpersonal dan Komunikasi

Selanjutnya, dalam berbisnis diperlukan kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik. Hal ini bertujuan untuk memastikan kelancaran bisnismu. Nah, hal tersebut bisa kamu dapatkan dengan menempuh pendidikan di jurusan bisnis sehingga bisnis kamu sukses kedepannya.

3 Prospek Kerja Utama Jurusan Bisnis, Dijamin Anti Nganggur!

Setelah berkuliah di sekolah bisnis terbaik di Indonesia, kira-kira mau kerja sebagai apa ya?

Kamu tak perlu khawatir karena ada banyak sekali prospek pekerjaan untuk mahasiswa Jurusan bisnis. Di artikel ini, kami akan kasih tahu prospek kerja jurusan bisnis yang dapat kamu jadikan referensi!

Pengusaha atau Entrepreneur

Prospek kerja pertama di jurusan bisnis adalah seorang pengusaha. Jika kamu adalah lulusan bisnis, maka kamu akan dibekali pengetahuan mengenai kewirausahaan yang menjadi nilai plus untuk membuka Usaha. Tak hanya ilmu kewirausahaan, kamu juga akan memiliki bekal ilmu manajemen, bisnis, pemasaran, dan lainnya.

Project Manager

Seorang project manager bertugas merencanakan dan mengawasi di semua aspek proyek, termasuk memulai, merencanakan, melaksanakan, memantau, dan meringkas jalannya proyek.

Project manager turut bekerjasama dengan manajemen tingkat atas untuk memastikan bahwa setiap proyek berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal.

Manajer proyek juga bertugas mengatur tim dan membagi tugas untuk setiap anggota tim. Selain itu ia juga bertugas menyusun anggaran proyek yang seefektif mungkin.

Konsultan Bisnis

Selanjutnya, prospek kerja alumni sekolah bisnis terbaik di Indonesia adalah konsultan bisnis. Tugas utama dari konsultan bisnis adalah menganalisis sebuah bisnis dan merancang solusi untuk menjamin kelangsungan bisnis atau keluar dari kebangkrutan.

Agar dapat menjadi konsultan bisnis, seorang perlu menguasai beberapa ilmu, seperti akuntansi, manajemen, keuangan, data analis, dan sebagainya. Hal-hal tersebut tentu dipelajari ketika kamu belajar di sekolah bisnis terbaik di Indonesia.

Konsultan bisnis juga harus memiliki kemampuan analisis yang baik, sehingga dapat menyusun strategi, cek kondisi pasar, dan memahami kebutuhan konsumen agar dapat diikuti oleh perusahaan untuk mencapai goals dan berdampak baik untuk perusahaan.

5 Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia yang Bisa Kamu Pilih

Nah, begitulah deskripsi mengenai pendidikan bisnis, prospek kerja, dan alasan kenapa perlu berkuliah di jurusan bisnis. Untuk kamu yang bercita-cita berkuliah di Jurusan bisnis dan sedang mencari sekolah yang tepat, berikut ini ada deretan rekomendasi sekolah bisnis terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi.

Baca Juga: 9 Sekolah Bisnis Swasta Terbaik di Indonesia

1. BINUS Business School

BINUS Business School adalah sekolah bisnis swasta yang termasuk terbaik di Indonesia. Perguruan tinggi ini menawarkan beberapa program yang berfokus pada bisnis, seperti applied finance, strategy marketing, dan bisnis manajemen.

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada

Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Gadjah Mada menawarkan program studi yang berhubungan dengan ekonomi dan bisnis mulai dari S1 sampai S3. Kemudian, program yang paling menjadi favorit di FEB UGM adalah jenjang S2 program MBA. Program ini sesuai untuk kamu yang ingin melanjutkan sekolah sambil bekerja.

3. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga sudah masuk ke deretan sekolah bisnis terbaik berdasarkan Eduniversal sejak tahun 2017. Di Universitas Airlangga, setidaknya ada empat departemen yang bisa dipilih, mulai dari Ilmu Ekonomi, Ekonomi Syariah, Manajemen, dan Akuntansi.

4. ITB – School of Business and Management

Meskipun terkenal karena jurusan tekniknya, ITB juga memiliki sekolah bisnis dan manajemen yang juga tak kalah populer di masyarakat. Program studinya pun sangat beragam dan dapat ditemukan di jenjang S1 sampai S3. Tak heran jika kampus ini dinobatkan sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia.

5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menjadi salah satu deretan sekolah bisnis terbaik di Indonesia. FEB UI memiliki beberapa program studi seperti ilmu manajemen, ilmu akuntansi, dan ilmu ekonomi. FEB UI telah mendapatkan predikat QS World University Rankings.

Demikianlah informasi mengenai sekolah bisnis terbaik di Indonesia serta prospek kerja lulusan jurusan bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu calon mahasiswa yang masih bingung dengan jurusan kuliah dan prospek kerjanya. Semangat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.