9 Strategi Bisnis Properti dari Pemula Hingga Menjual Properti

Strategi Bisnis Properti

Properti menjadi salah satu dari banyak bisnis yang menjanjikan hingga saat ini. Pasalnya manusia pasti membutuhkan hunian untuk tempat tinggal yang nyaman. Sehingga bisa dikatakan bisnis ini tidak akan pernah ketinggalan zaman seperti beberapa jenis bisnis lainnya.

Meskipun begitu, setiap jenis bisnis pasti membutuhkan strategi, termasuk bisnis properti. Untuk Anda yang ingin berkecimpung dalam bisnis ini, simak strategi bisnis propertiĀ  di bawah ini yang bisa membantu mendapatkan hasilĀ  memuaskan.

Read More

9 Strategi Bisnis Properti dengan Profit Menjanjikan

Bisnis properti sendiri meliputi tanah, rumah, bangunan, serta sarana dan prasarana yang ada di dalamnya. Aktivitasnya bisa jual-beli properti ataupun menyewakannya. Berikut ini adalah strategi yang bisa diterapkan jika Anda ingin memulai bisnis properti:

1. Menentukan Target Pasar

Semua jenis bisnis harus dimulai dengan menentukan target pasar yang tepat. Anda perlu mengetahui siapa yang berpeluang untuk membeli atau menyewa properti yang ditawarkan.

Menentukan segmen pasar bukan hal yang mudah dilakukan karena harus ada banyak pertimbangan. Namun ini penting untuk mempermudah Anda dalam menjalankan strategi.

Apabila Anda tidak ingin mengambil risiko besar, pertimbangkan segmen pasar yang hanya memiliki sedikit kompetitor. Biasanya segmen tersebut jarang diminati karena keuntungan yang tidak terlalu tinggi.

Tapi jika menginginkan keuntungan yang tinggi, Anda harus berani mengambil risiko dengan memilih segmen pasar yang banyak kompetitornya. Banyaknya kompetitor ini lantara keuntungannya yang tinggi.

2. Memilih Jenis Properti yang Tepat

Langkah kedua yaitu memilih jenis properti yang akan ditawarkan kepada segmen pasar yang telah ditentukan sebelumnya. Pemilihan jenis properti ini harus disesuaikan dengan budget. Beberapa pilihannya yaitu:

  • Residential real estate

Residential real estate

Residential real estate merupakan bisnis yang khusus untuk memenuhi kebutuhan rumah pribadi. Jadi bisnis ini dijalankan untuk memberikan rumah bagi mereka yang ingin memilikinya. Contohnya yaitu menawarkan rumah kepada masyarakat untuk ditinggali.

  • Commercial real estate

Commercial real estate

Commercial real estate membidik dunia perkantoran atau properti retail. Contohnya yaitu menyewakan ruang perkantoran untuk sebuah perusahaan atau perorangan. Saat ini banyak orang yang bekerja secara remote dari mana saja. Jadi bisnis menyewakan ruang perkantoran sangat menjanjikan.

Selain itu, persewaan properti ritel juga termasuk commercial real estate. Contohnya toko, mall, tempat usaha, dan lain sebagainya. Targetnya adalah penyewa tunggal untuk dipakai sendiri.

  • Industry property

Industry property

Industri properti merupakan bisnis yang membidik perusahaan atau perindustrian. Mereka yang melakukan bisnis ini biasanya menyewakan manufaktur berat atau ringan seperti gudang untuk menyimpan hasil produksi.

Jika menjalankan bisnis ini, maka dibutuhkan kerja sama dengan pihak lain. Pengelolaan properti harus dilakukan oleh pemilik maupun penyewa.

  • Special purpose property

Special purpose property

Jenis bisnis properti yang terakhir adalah special purpose property. Target pasarnya lebih khusus lagi karena usahanya bergerak di bidang pemenuhan sarana dan prasarana demi kepentingan umum. Contohnya yaitu resort, hotel, rumah sakit, sekolah, dan lain sebagainya. Pengelola dilakukan internal oleh anggota sendiri.

3. Menonjolkan Kelebihan Properti yang Ditawarkan

Jika sudah menentukan jenis properti yang akan dijadikan usaha, maka selanjutnya Anda perlu menonjolkan kelebihan properti yang ditawarkan. Untuk mengetahui kelebihannya, Anda harus mempelajari properti yang akan dijadikan bisnis.

Dalam hal ini jangan hanya mengenai kelebihannya saja, namun juga harus mengetahui kekurangannya. Namun tonjolkan kelebihannya agar banyak orang yang tertarik.

Sebagai contoh jika Anda bisnis menyewakan apartemen, maka tonjolkan beberapa hal seperti lokasi, fasilitas berkelas, serta harga yang bersahabat. Lokasi yang dekat dengan fasilitas umum biasanya disukai oleh penyewa. Selain itu, fasilitas berkelas membuat penyewa nyaman untuk menyewa apartemen Anda.

4. Melakukan Promosi Secara Online dan Offline

Hal terpenting dalam semua jenis bisnis adalah melakukan promosi atau marketing. Bahkan keberhasilan sebuah bisnis banyak tergantung dari bagaimana cara Anda mempromosikannya. Promosi membuat bisnis properti Anda dikenal luas sehingga target pasar datang dengan sendirinya.

Untuk melakukan promosi, Anda juga membutuhkan strategi tersendiri. Campaign marketing perlu dibuat dari awal sehingga Anda bisa menjalankan pemasaran atau promosi dengan baik.

5. Memanfaatkan Teknologi Internet

Saat ini kita berada di era digital sehingga banyak sekali kemudahan-kemudahan yang bisa dirasakan, salah satunya yaitu dari segi pemasaran atau promosi. Manfaatkan teknologi untuk melakukan promosi. Berikut ini beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk promosi menggunakan teknologi:

  • Memperhatikan tampilan produk

Anda harus mempelajari mengenai teknologi terkini agar bisa menggunakannya. Ketika berpromosi di internet, Anda harus menampilkan foto properti yang ditawarkan dengan baik. Jika tidak bisa memfoto sendiri, Anda bisa menyewa fotografer yang mampu menghasilkan foto dengan lebih baik.

  • Iklan di media sosial

Iklan di media sosial dikenal dengan social media marketing. Banyak strategi yang bisa diterapkan saat beriklan di media sosial, salah satunya yaitu iklan berbayar atau Ads. Contohnya Instagram Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya. Media sosial menjadi media pemasaran terbaik karena pengguna internet di Indonesia sebagian besar menggunakan internet untuk bermain media sosial.

  • Menggunakan website dan email

Selain media sosial, Anda juga harus memanfaatkan website dan email untuk melakukan promosi. Pelanggan biasanya akan lebih percaya pada perusahaan yang memiliki website resmi. Website tersebut juga bisa digunakan untuk memperkenalkan produk dari bisnis properti Anda.

6. Memasang Harga yang Tepat

Penentuan harga menjadi hal yang sangat penting dalam berbisnis properti. Ini menjadi salah satu strategi bisnis properti. Anda harus melakukan pertimbangan dengan baik berapa harga yang akan ditawarkan kepada pelanggan.

Dalam menentukan harga, Anda juga perlu mengetahui berapa harga pasarannya dan berapa harga yang ditawarkan oleh pesaing. Usahakan menentukan harga yang bersahabat dan kompetitif. Dengan harga yang kompetitif, maka bisnis Anda akan diperhitungkan oleh calon pelanggan.

7. Memulai Bisnis di Dunia Properti

bisnis kos kos an

Jika semua hal sudah dipersiapkan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah memulai bisnis dengan percaya diri. Usahakan selalu mengikuti strategi bisnis yang telah dibuat di awal. Jangan pas di tengah-tengah Anda menggantinya tanpa perhitungan.

Bisnis sewa seperti sewa apartemen, kosan, kontrakan biasanya yang paling banyak dipilih oleh para pemula. Pasalnya kebutuhan akan hunian di masa kini sangatlah tinggi.

8. Investasi Saham di Properti

Strategi bisnis properti memang membutuhkan modal yang besar. Jika Anda ingin memulainya dari bawah, investasi saham mungkin bisa dipertimbangkan. Menanam saham juga memberikan keuntungan yang sama menggiurkannya dari bisnis properti langsung.

Namun Anda harus cermat dan teliti saat memilih perusahaan untuk berinvestasi. Pastikan untuk melakukan analisa dan riset sebelum memilih perusahaan.

9. Menjadi Broker Properti

Selain investasi saham, Anda juga bisa bisnis properti dengan menjadi broker properti. Broker properti tidak membutuhkan modal sama sekali. Pasalnya Anda hanya akan menjadi perantara antara pembeli dan juga penjual.

Meskipun tanpa modal, namun Anda membutuhkan pengetahuan mengenai properti yang akan dipasarkan. Menjadi broker properti juga bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Itulah beberapa strategi bisnis properti yang bisa coba Kamu jalankan. Setiap jenis bisnis pasti memiliki resiko nya masing-masing. Oleh sebab itu, Anda harus mempelajarinya dengan baik sebelum terjun di dalamnya. Semoga apa yang dibahas di atas bisa memberikan sedikit pengetahuan baru untuk Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.