Tips Buka Toko Pertanian dan Cari Supplier nya

tips buka toko pertanian

Permintaan akan pupuk hingga obat tanaman di desa sangatlah tinggi, hal ini terjadi karena jumlah petani yang ada di desa sangatlah banyak.

Di beberapa desa umumnya belum ada toko pertanian yang menjual produk-produk yang dibutuhkan petani dengan lengkap. Maka dari itu membuat usaha toko pertanian merupakan ide yang cemerlang.

Read More

5 Tips Buka Toko Pertanian untuk Pemula

Tapi, apakah kamu sudah mengetahui tips buka toko pertanian? Jika belum, baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui jawabannya.

1. Perhatikan lokasi

Tips buka toko pertanian yang pertama adalah memperhatikan lokasi. Lokasi adalah salah satu faktor yang penting dalam keberhasilan usaha toko pertanian. Oleh karena itu, pastikan kamu tinggal di daerah yang sebagian penduduknya ialah petani

Selain itu, memilih lokasi di jalan raya juga dapat meningkatkan penjualan kamu. Kecuali, produk kamu sudah diketahui oleh banyak orang dan orang datang langsung kerumah kamu untuk mencari produk.

2. Cari supplier

Salah satu tantangan besar dalam usaha toko pertanian adalah perang harga. Bika kamu bisa mendapatkan supplier yang mau memberikan harga yang murah, maka harga jual dapat ditekan dengan demikian toko dapat bersaing di pasaran.

Terlebih lagi kebanyakan petani pada umumnya mencari harga yang paling murah, semakin murah harga jual, semakin ramai pembeli.

3. Melakukan kerja sama dengan petani

Melakukan kerja sama dengan petani merupakan salah satu tips buka toko pertanian. Untuk dapat menjual pupuk, obat tanaman, vitamin, jual pakan ternak dan lain-lain. Kamu dapat membuat kerja sama dengan para petani. Dengan cara menerapkan prinsip kerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak.

Nah, kerja sama ini kamu lakukan khusus untuk barang-barang yang mahal.  Kamu dapat memberikan kelonggaran dalam membayar dengan cara membayarnya secara angsuran. Dengan demikian nama toko kamu akan meningkat, hal ini juga membuat para petani akan merasa percaya dan berutang budi.

Kebanyakan orang desa akan loyal setelah mendapat perlakukan seperti itu. Namun, kamu harus selalu ingat bahwa hal ini adalah penilaian subyektif, karena cara hidup orang pasti berbeda-beda.

4. Memahami produk kamu dengan baik

Memahami produk kamu dengan baik sebelum jualan itu penting. Karena kalau kamu tidak mengetahui produk yang kamu jual, lalu bagaimana kamu dapat menjual produk kamu, bagaimana kamu menjelaskan kepada calon konsumen mengenai produk kamu, bagaimana kamu menjelaskan keunggulan yang dimiliki dari produk kamu untuk membuat calon konsumen tertarik untuk membeli.

Tanpa hal tersebut kamu tidak bisa memberikan saran produk kepada petani. Padahal, mereka ingin produk yang manjur, yang dapat menghindarkan tanaman mereka dari hama dan meningkatkan hasil pertanian mereka.

5. Membuat izin usaha toko pertanian

Tips buka toko pertanian yang terakhir adalah membuat izin untuk toko pertanian kamu. Dalam suatu usaha keberlangsungan nya dipengaruhi oleh adanya legalitas dari usaha tersebut. Faktor legalitas dalam suatu usaha berwujud peda kepemilikan izin usaha yang dimiliki.

Dengan memiliki izin usaha maka kegiatan usaha yang kamu jalankan tidak ada isu-isu penertiban atau pembongkaran. Manfaat yang diperoleh dari adanya izin usaha tersebut adalah sebagai sarana perlindungan hukum.

Berbicara tentang fakta di lapangan, tidak sedikit kios-kios pedagang yang ditertibkan atau terkena tindakan pembongkaran karena tidak adanya izin usaha. Kejadian seperti ini kerap menimpa pedagang kecil di mana pun mereka berada. Namun, penertiban hanya akan terjadi karena tidak adanya unsur legalitas dalam suatu usaha.

Oleh karena itu, supaya bisnis kamu bisa berjalan dalam jangka Panjang, sebaiknya kamu segera membuat izin usaha.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *