Tips Memulai Usaha Cafe dengan Modal Kecil

tips memulai usaha cafe

Dalam membangun usaha cafe bisa juga dilakukan dengan modal kecil dan bisa untung besar. Untuk bisa seperti itu tentu kamu perlu tips memulai usaha cafe bisnis tersebut agar terus berkembang.

Karena modalnya kecil maka perlu usaha keras dan kesabaran dalam memulainya. Jika itu sudah diterapkan bukan tidak mungkin modal yang kecil akan menghasilkan keuntungan besar.

Read More

Tips Memulai Usaha Cafe Agar Terus Menguntungkan

Memulai usaha cafe tidaklah sulit meskipun modal yang kamu miliki tergolong minim. Hanya saja semua itu bisa terlaksana jika kamu mampu menerapkan beberapa tips berikut:

Memilih Lokasi yang Strategis

Seenak apapun makanan atau minuman di cafe tetapi salah memilih lokasi hasilnya akan nihil. Untuk itu, memilih lokasi adalah hal yang sangat penting dan punya pengaruh besar dalam kesuksesan usaha .

Kamu bisa memilih lokasi dekat kampus, persimpangan jalan atau tempat berkumpulnya anak-anak muda. Pada intinya pemilihan lokasi ini fokus utamanya adalah tempat yang sering dilewati dan berkumpulnya banyak orang.

Membeli Bahan Baku Terbaik dan Termurah

Bahan baku yang akan digunakan untuk makanan dan minuman perlu selektif dan carilah yang harga grosir. Dengan cara seperti ini maka kamu akan mendapatkan harga termurah dengan kualitas terbaik.

Usahakan juga pembelian tersebut tidak harus dalam jumlah besar agar tidak terlalu banyak modal yang dikeluarkan. Sistem seperti ini memang jarang namun kamu perlu berusaha agar pembelian boleh dengan jumlah kecil dan harganya murah.

Membuat Menu Khas

Umumnya setiap cafe dikenal karena menunya yang khas dan tidak ada ditempat lainnya. Untuk itu, langkah ini perlu kamu lakukan dimana buatlah satu atau dua menu khas di cafe.

Menu tersebut harus dibuat dengan rasa yang enak dan otentik yang tidak dimiliki cafe lainnya. Dengan modal tersebut akan mampu mendatangkan pengunjung dalam jumlah banyak.

Untuk menu tersebut bisa dari makanan atau minum yang intinya hanya ada di cafe yang kamu dirikan. Kamu perlu bekerja keras untuk menemukan resep tersebut dan ini bisa didapatkan dari internet, chief khusus atau yang lainnya.

Menggunakan Karyawan Part-Time

Karena baru didirikan maka usaha tersebut perlu kamu kerjakan sendiri dengan kemampuan yang ada. Selebihnya ketika masuk jam-jam tertentu, kamu bisa menggunakan jasa karyawan.

Karena tidak penuh maka kamu pun bisa menggaji mereka dengan sistem part-time. Langkah seperti ini sangat tepat dilakukan untuk mengurangi beban dengan gaji penuh.

Untuk waktunya bisa disesuaikan serta sistem gaji boleh per jam atau sesuai pekerjaan yang dilakukan. Umumnya, karyawan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk bekerja di malam hari saja.

Menerapkan Sistem Pemasaran Terbaik

Ketika cafe baru berjalan, kamu bisa menerapkan pemasaran yang tepat untuk usaha tersebut. Sistem pemasaran bisa dilakukan dengan pengenalan lewat sosial media dengan masuk ke grup tertentu.

Sistem pemasaran dengan cara ini terbilang optimal dan tidak ada pemborosan biaya iklan. Jadi kamu bisa masuk ke group sebanyak mungkin lalu posting berbagai menu di cafe kamu.

Dengan cara seperti ini maka cafe akan dilihat banyak orang dan berpotensi menjadi pelanggan. Lakukan promosi di grup tersebut di waktu-waktu malam hari atau jam istirahat agar dilihat banyak orang.

Berbagai tips memulai usaha cafe di atas bisa diterapkan sesuai kemampuan dan modal yang dimiliki. Dari sekian tips hal, fokus utamanya adalah memilih tempat dan membuat menu khas serta promosi yang tepat di sosial media.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.