5 Tips Menghindari Kerugian Crypto dan Resiko Investasi Crypto

Tips Menghindari Kerugian Crypto

Mata uang crypto sedang hangat dibicarakan oleh para investor saat ini. Selain karena keuntungan yang besar, risiko investasi mata uang crypto juga amat besar. Maka dari itu, untuk yang baru pertama kali berinvestasi crypto diharapkan untuk mencari tahu informasi dari investasi ini.

Untuk kamu pemula yang ingin berinvestasi mata uang crypto, yuk simak tips menghindari kerugian crypto supaya kamu dapat cuan maksimal dan finansialmu tetap terjaga.

Read More

4 Risiko Investasi Mata Uang Crypto

Tahukah kamu investasi mata uang crypto punya risiko yang tinggi, lho. Ini dia sejumlah risiko dari investasi mata uang crypto:

Serangan Siber

Risiko pertama dalam investasi mata uang kripto adalah serangan siber. Data pribadi dan mata uang kripto yang sudah kamu simpan bisa dicuri atau diretas. Risikonya cukup besar karena hampir tak ada cara untuk mengembalikan bitcoin yang sudah dicuri.

Kerugian Finansial

Bitcoin telah disebut sebagai skema ponzi, dengan orang-orang di atas mendapatkan keuntungan dari ketidaktahuan orang lain. Karena semakin banyak orang berinvestasi pada mata uang kripto, semakin besar terciptanya ekonomi gelembung.

Ketika gelembung pecah, bitcoin pada dasarnya akan menjadi tidak berguna; akan ada banyak orang pegang mata uang kripto, berniat menjual tapi tidak dapat membongkar.

Sifat Pasar yang Fluktuatif

Pasar mata uang crypto terkenal bersifat fluktuatif alias sulit diprediksi. Pasar bitcoin terus berdesir bolak-balik sehingga sulit untuk memperkirakan apakah kamu akan mendapatkan keuntungan atas investasi yang kamu lakukan.

Adanya Oknum Tidak Bertanggung Jawab

Seiring dengan meningkatnya popularitas mata uang kripto, ada saja oknum tak bertanggung jawab yang muncul untuk merayu investor untuk menyimpan uang di platform investasi mata uang kripto yang bodong.

Munculnya oknum tak bertanggung jawab ini bisa disebabkan karena tidak ada kewajiban penerbit mata uang crypto untuk memberikan informasi latar belakang dari aset kripto yang dimilikinya.

Hal ini berbeda dengan pasar modal, di mana perusahaan penghimpun dana harus memberikan informasi perusahaannya sebelum meluncurkan saham ke publik.

5 Tips Menghindari Kerugian Crypto

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, lakukan tips-tips berikut ini untuk menghindari kerugian crypto:

Amankan Data-Data Pribadi

Tips pertama untuk menghindari kerugian crypto adalah menjaga data-data pribadi. Terutama yang kamu pakai untuk mendaftar ke marketplace mata uang kripto, seperti alamat email dan nomor telepon. Jangan mau diarahkan untuk menyerahkan data pribadi tersebut.

Agar semakin aman, gunakan coldwallet untuk keperluan verifikasi dan lengkap dengan private keynya. Cara ini dapat menjaga keamanan aset mata uang kripto kamu.

Lakukan Diversifikasi Aset

Kamu dapat melakukan diversifikasi aset atau menaruh uang di beberapa aset mata uang crypto lainnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerugian crypto. Lakukan analisa terhadap harga mata uang crypto yang jadi incaran mu.

Pilihlah aset mata uang crypto yang punya keuntungan jangka panjang. Dengan melakukan diversifikasi aset, kamu punya backup atau cadangan jika salah satu asetmu mengalami kerugian.

Kendalikan Emosi Saat Berinvestasi

Dalam berinvestasi, investor tentunya ingin mendapatkan keuntungan. Namun, hal ini bisa jadi masalah tersendiri karena keuntungan yang diperoleh dari investasi tersebut dapat menyebabkan investor terburu-buru membeli aset kripto.

Padahal, mata uang crypto juga punya risiko kerugian yang besar. Maka dari itu, kendalikan emosi saat hendak membeli aset walaupun harganya sedang rendah. Tetap jeli melakukan analisis pergerakan harga mata uang kripto.

Pelajari Seluk-Beluk Investasi Mata Uang Kripto

Yang terpenting, pelajari terlebih dulu seluk-beluk investasi mata uang kripto, seperti risikonya dan fundamental pergerakan harga pasarnya. Lalu, pelajari juga market analysis dan fundamental dari mata uang kripto yang ingin dibeli.

Gunakan Platform Investasi yang Kredibel

Terakhir, pastikan kamu berinvestasi mata uang kripto di platform investasi yang kredibel untuk menghindari kerugian crypto. Jika kamu masih awam soal investasi mata uang crypto, sebaiknya kamu cari tahu dulu kredibilitas dari platform investasi crypto yang kamu pakai.

Lalu, berhati-hati pula pada iming-iming platform mata uang crypto yang menjanjikan untung besar. Ini dilakukan agar kamu tidak terjebak dalam harapan palsu dan kondisi keuanganmu tetap aman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *