8 Tips Usaha Pakan Ternak dan Cara Menjual Pakan Ternak

tips usaha pakan ternak

Permintaan akan hewan ternak yang sangat tinggi baik itu daging, telur, ataupun hasil lainnya seperti susu menjadikan pakan ternak akan selalu dibutuhkan. Karena hal inilah yang menjadi dasar bahwa peluang usaha pakan ternak sangat lebar.

8 Tips Usaha Pakan Ternak untuk Pemula

Agar usaha yang kamu jalan bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat, maka kamu bisa mengikuti tips usaha pakan ternak dibawah ini.

Read More

1. Memiliki kualitas pakan ternak yang baik

Tips usaha pakan ternak yang pertama adalah memastikan kualitas produk yang kamu jual adalah kualitas yang baik. Hal ini sangat penting dalam hal memastikan bahwa pembeli akan selalu kembali ke toko kamu karena kualitas dari pakan ternak yang kamu miliki memang bagus untuk ternak mereka.

Bagaimana caranya agar menjual pakan ternak dengan kualitas baik? pastikan supplier kamu benar benar bagus. Tak ada salahnya untuk mengunjungi pabrik pembuatan pakan ternak. Namun jika kamu memutuskan untuk menjadi agen pakan ternak sendiri juga bisa.

2. Memiliki pengetahuan tentang pakan ternak kamu

Selain memiliki kualitas pakan ternak yang baik, kamu juga harus tahu betul mengenai seluk beluk ternak. Kamu harus tahu jenis, kualitas, merek, dan kandungan yang terdapat dalam produk pakan ternak kamu.

Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan karena nantinya sebelum pembeli membeli pakan ternak kamu, akan terlebih dahulu berkonsultasi dengan kamu. Biasanya pembeli juga akan menanyakan mengenai produk pakan apa saja yang bagus dan yang sesuai dengan ternak yang dipelihara oleh pembeli.

3. Memiliki produk yang beragam

Tips selanjutnya yaitu kamu harus menyediakan produk yang beragam. Karena produk pakan ternak itu sendiri memiliki beragam merek serta kualitas yang tentunya berbeda-beda. Dengan kamu menjual produk yang beragam tentunya pembeli akan mempunyai banyak pilihan yang dapat mereka pilih sesuai dengan kebutuhan yang mereka punya.

4. Cari Distributor

Mencari distributor memang tidaklah mudah, namun kami akan memberikan sedikit bocoran buat kamu yang ingin usaha pakan ternak. Ajaklah kerjasama dengan para agen pakan ternak atau para peternak.

Cara ini bisa memudahkan kamu membuat channel pemasaran yang lebih luas. Selain itu, biasanya dari mulut ke mulut orang jadi tahu tentang usaha pakan ternak kamu.

5. Jual dengan Sistem Eceran dan Grosir

Supaya mendapatkan pelanggan dengan mudah, maka kamu harus membuat 2 sistem pembelian, yaitu ecer dan grosir. Setiap sistem ini memiliki kelebihannya masing masing. Tapi kamu tetap menggunakan kedua sistem ini.

Kelebihan jika kamu menjual secara eceran adalah kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Namun biasanya peternak yang membeli secara eceran, kuantitasnya akan jauh lebih sedikit.

Sedangkan jika kamu menjual secara grosir, maka kamu bisa mendapatkan omset yang besar, barang cepat laku, namun keuntungannya pun juga terpotong. Karena biasanya harga grosir akan lebih murah ketimbang harga eceran.

6. Melakukan kerja sama dengan peternak

Tips usaha pakan ternak selanjutnya adalah melakukan kerja sama dengan peternak.  Tentunya peternakan akan butuh pakan ternak dengan jumlah yang besar untuk memenuhi ternak mereka. Inilah cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pembeli tetap atau pelanggan tetap.

Namun, kamu diharuskan memiliki keahlian negosiasi yang baik agar proses kerjasama dengan peternak berjalan dengan lancar. Kemampuan negosiasi ini penting untuk meyakinkan pemilik peternakan bahwa kamu merupakan supplier yang bagus untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Cara ini bisa dilakukan dengan memastikan kualitas pakan ternak, tepat waktu dalam hal ketersediaan pakan, serta harga yang tidak terlalu mahal bisa menjadi senjata buat kamu untuk mendapatkan kepercayaan dari peternakan.

7. Rajin melakukan promosi

Promosi merupakan senjata yang ampuh yang bisa kamu lakukan untuk membantu mendapatkan kesuksesan ketika memulai sebuah usaha. Dengan promosi yang tepat itu dapat mendatang banyak pembeli, termasuk untuk usah supplier pakan ternak ini.

Untuk melakukan promosi kamu bisa menggunakan cara online ataupun offline. Keduanya sangat bisa memberikan keuntungan yang melimpah untuk usaha pakan ternak kamu.

promosi secara offline maupun online. Keduanya sama-sama bisa memberikan keuntungan yang baik untuk usaha kamu.

8. Jangan menyerah

Tips usaha pakan ternak yang terakhir adalah jangan menyerah. Ya, jangan pernah menyerah. Dimana-mana yang Namanya usaha sudah pasti ada yang Namanya resiko dan kendala nya. Namun hal tersebut harus kamu lewati jika kamu ingin menjadi pengusaha yang pakan ternak yang sukses.

Perlu kamu tahu bahwa semakin sukses sebuah usaha makan rintangan nya akan semakin banyak.

Nah itulah tadi beberapa tips usaha pakan ternak yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Pada dasarnya usaha pakan ternak ini memiliki peluang yang sangat bagus untuk dilakukan.

Bingung dengan berapa modal yang dibutuhkan? Kami akan memberikan penjelasan tentang modal usaha pakan ternak secara lengkap.

Diharapkan dengan tips-tips diatas kamu bisa sukses dan memiliki keuntungan yang berlipat dalam usaha pakan ternak ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *