10+ Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal, Pasti Untung!

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Bagi ibu rumah tangga banyak cara yang bisa dilakukan buat menambah penghasilan suami guna mencukupi kebutuhan rumah tangganya. Seperti misalnya dengan membuka usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal.

Ada berbagai macam usaha yang bisa Anda jalankan agar pemasukan rumah tangga selalu ada di masa sulit dampak dari pandemi saat ini.

Read More

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

11 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Inilah beberapa inspirasi usaha sampingan untuk ibu rumah tangga tanpa modal, namun yang pasti menguntungkan.

1. Usaha Bikin Kue

Bagi Anda yang hobi membuat kue tak ada salahnya manfaatkan keahlian Anda buat menambah penghasilan. Anda bisa membuat berbagai macam kue lalu menawarkannya lewat grup Whatsapp atau media sosial lainnya.

Bisnis jualan kue bagi ibu rumah tangga ini memiliki keuntungan yang lumayan besar. Terlebih lagi pada menjelang hari raya biasanya kebutuhan akan kue melonjak, dan otomatis Anda pun akan kebanjiran order yang pastinya akan mendapat untung besar.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga di Kampung yang Mudah

2. Catering

Masih dalam bidang masak memasak karena memang itu identiknya seorang ibu rumah tangga. Manfaatkan kelebihan dan keahlian Anda tersebut untuk membuka usaha sampingan catering.

Bisnis catering ini biasanya diperlukan pada acara-acara seperti pengajian, pernikahan, khitanan, aqeqahan dan sebagainya. Usaha semacam ini akan mendapat untung besar hanya dengan sekali pesanan saja dari pelanggan.

Baca Juga: 6 Langkah Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha

3. Day Care atau Penitipin Anak

Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga tanpa modal berikutnya yang bisa dijalankan ialah dengan menerima jasa penitipan anak. Usaha sampingan yang satu ini bisa jadi solusi bagi mereka para wanita karir yang butuh jasa seseorang untuk menjaga anaknya.

Anda bisa tawarkanan jasa Anda tersebut lewat grup Whatsapp atau melalui tetangga terdekat.

Untuk menjalani usaha sampingan ini sebaiknya Anda sediakan ruangan kosong di rumah Anda untuk tempat bermain dan belajar agar anak-anak merasa betah di tempat Anda.

Lakukan juga interaksi dengan mereka agar mereka merasa nyaman dan mendapat perhatian.

4. Jadi Penulis

Cara berikutnya untuk memulai kerja sampingan ibu rumah tangga tanpa modal ialah dengan menjadi penulis. Bila Anda punya bakat dan keahlian menulis, manfaatkan waktu kosong Anda untuk menjalani usaha sampingan yang satu ini.

Anda bisa memulainya dengan cara menjadi freelance dan mendaftarkan diri pada situs-situs marketplace. Perbanyak portofolio Anda dan siap- siaplah untuk menerima tawaran dari berbagai klien untuk menulis konten hanya dari rumah.

Kebutuhan akan sebuah konten pada website setiap saat terus meningkat dan berpeluang menghasilkan pendapatan yang menjanjikan.

Baca Juga: [TERPERCAYA] Bisnis Online Tanpa Modal dan Terbukti Membayar

Dan bila Anda telah punya cukup modal, Anda bisa membangun website sendiri. Menulis sendiri untuk website Anda lalu mendaftarkannya pada Google Ads, dan lihatlah hasilnya nanti kesuksesan akan menghampiri Anda.

5. Jadi Dropshipper

Peluang usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang satu ini banyak diminati kalangan ibu rumah tangga, yaitu menjual produk tanpa harus menyetoknya dan tak perlu pakai modal. Selain tanpa modal usaha ini berpeluang mendapat keuntungan yang lumayan.

Cara menjalankannya cukup mudah Anda tinggal cari supplier atau teman Anda yang menyediakan barang-barang yang hendak Anda jual. Selanjutnya bila ada pembeli Anda tinggal meminta supplier mengirimkan ke alamat pembeli dengan menggunakan nama dan toko Anda.

6. Jualan Makanan Titipan

Jika bisnis catering masih membutuhkan modal, Anda bisa mencoba menjual berbagai jenis makanan titipan. Ide bisnis ini sangat mudah karena hanya perlu memasarkan produk makanan tanpa harus membuatnya sendiri.

Pastikan memilih tempat yang strategis kemudian ajak tetangga bekerja sama membuat berbagai olahan makanan. Kemudian tawarkan jasa Anda untuk menjualnya setiap hari misalnya setiap pagi saja.

Semakin banyak orang yang bisa diajak kerja sama itu artinya makanan dijual semakin beragam. Luangkan waktu berjualan di pagi hari dan kunci utamanya konsisten agar pelanggan berdatangan.

Untuk makanan titipan bisa berupa nasi bungkus, lauk pauk, kue basah, kue kering, sayur matang dan lain sebagainya. Atur kerjasama sebaik mungkin agar menguntungkan kedua belah pihak.

7. Membuat Selimut dari Kain Perca

Memiliki keahlian menjahit tentu sangat sayang jika tidak dimanfaatkan sebaik mungkin. Salah satunya dengan membuat selimut yang terbuat dari bahan kain perca atau kain bekas sisa jahitan.

Mendapatkan kain perca tidaklah sulit karena bisa meminta di penjahit-penjahit kemudian dipilih sendiri. Jika Anda ingin mendapatkan kain perca berkualitas bagus namun murah maka bisa membeli di toko online.

Tidak sulit menjahit kain perca untuk dijadikan selimut terpenting bagaimana mampu membuat kreasi perpaduan motifnya. Pasarkan hasil selimut yang sudah dibuat secara online atau ke tetangga.

8. Membuat Keset Kain Sisa

Kain perca memang memiliki banyak manfaat jika Anda memiliki kemampuan untuk memanfaatkannya. Selain bisa dibuat selimut ternyata kain perca juga bisa membuat keset dengan harga jual cukup lumayan.

Menariknya Anda tidak memerlukan kain perca dengan ukuran lebar karena memang ukuran kainnya nanti dipotong kecil-kecil. Teknik menjahitnya juga tidak terlalu sulit bisa memakai cara manual atau mesin jahit.

Jika belum pernah membuat kerajinan ini maka bisa belajar langsung dari Youtube secara perlahan. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk bisa menghasilkan keset rapi dari kain bekas.

Keset tersebut bisa dijual secara online, titip di toko gerabah pasar atau dipasarkan keliling komplek. Biasanya harga jualnya kisaran Rp 5.000 – Rp 20.000 tanpa mengeluarkan modal dalam jumlah besar.

9. Jastip Belanja Kebutuhan Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga memang sangat menyenangkan jika harus berbelanja kebutuhan rumah tangga. Namun terkadang banyak ibu yang kesulitan berbelanja karena memiliki anak atau tidak bisa naik sepeda.

Hal ini bisa dimanfaatkan dengan menawarkan jasa titip belanja apapun kebutuhan rumah tangga. Tetangga bisa meminta bantuan Anda untuk membelikan apapun dengan membayarkan ongkos kirim.

Carilah toko yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga dengan harga miring atau lebih murah. Dengan begitu bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga dan juga dari ongkos kirim dari pengguna jasa tersebut.

10. Jasa Les Tambahan

Apakah Anda memiliki kemampuan akademik yang cukup bagus ketika masih berada di bangku sekolah? Kemampuan seperti ini jangan diabaikan meskipun sekarang menjadi seorang ibu rumah tangga.

Saat ini banyak orang tua kesulitan mengajari anaknya tentang pelajaran sekolah karena berbagai alasan. Seperti sibuk bekerja, materi pelajaran sekolah terlalu sulit atau anak tidak nurut jika belajar bersama orang tua.

Kesempatan seperti in bisa dimanfaatkan dengan membuka jasa les tambahan di rumah saja. Misalnya per hari les 1 jam dengan tarif Rp 2.000 – Rp 5.000 per anak tergantung daerah Anda.

Atur jadwal waktu luang agar tidak mengganggu kewajiban sebagai IRT yang mengurus rumah dan anak. Semakin banyak anak yang mengikuti les tambahan maka akan semakin besar pula pendapatannya.

11. Jasa Cuci dan Setrika Panggilan

Banyak perempuan yang memilih bekerja sebagai wanita karir sehingga kerap kali pekerjaan rumah menjadi terbengkalai. Hal ini menjadi peluang usaha untuk menyediakan jasa cuci baju atau jasa setrika panggilan.

Anda tidak harus ikut tinggal untuk menjadi pembantu rumah tangga namun hanya menawarkan jasa secara freelance. Pelanggan bisa menggunakan jasa tersebut ketika membutuhkan saja jadi tidak harus setiap hari.

Tawarkan beberapa pilihan paket misalnya jasa cuci jasa tarifnya berapa atau sekalian sama setrika juga. Buatlah kesepakatan harga dengan pelanggan agar jasa Anda bisa terus digunakan.

Jika pelanggan sudah terlalu banyak dan dirasa tidak mampu dikerjakan sendiri maka bisa membuka lowongan kerja. Ketika usaha ini sudah jalan maka Anda tidak perlu bekerja lagi karena tinggal mengatur jadwal dengan pekerja.

Meskipun berawal dari tanpa modal namun bila dijalani dengan ketekunan, keuletan dan kesabaran usaha apapun yang Anda pilih pasti pada waktunya akan maju dan berkembang.

Baca Juga: Perbedaan Reseller dan Dropshipper: Pengertian dan Keuntungan

Karena itu jangan berhenti berkreasi dan berkarya manfaatkan bakat, potensi dan keahlian dalam diri untuk memulai usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal, sebagai langkah awal meraih kesuksesan hanya dengan di rumah saja. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.